Analisa Usaha Budidaya Gurame yang Perlu Dipelajari untuk Peternak Pemula<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-186" >			<span class="no-rating-results-text">Belum ada Penilaian</span>		</span>

Analisa Usaha Budidaya Gurame yang Perlu Dipelajari untuk Peternak Pemula

Tips Analisa Usaha Budidaya Gurame yang Baik Diterapkan Oleh Pemula

Pada dasarnya, sebelum melakukan usaha dengan jenis apapun, ada baiknya jika Anda melakukan pendalaman melalui analisa usaha terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar pengetahuan Anda tentang bisnis yang akan Anda lakoni lebih luas sehingga berdampak baik terhadap langkah-langkah dan keputusan bisnis yang akan Anda ambil nantinya.

Langkah-langkah dan keputusan bisnis yang kalkulatif tentu lebih matang dan jauh dari risiko dibandingkan dengan langkah impulsif.

Oleh karenanya, proses analisis bisnis penting dilakukan untuk meminimalisir risiko. Seperti judulnya, artikel ini akan mengambil perspektif analisis bisnis yang lebih mengerucut yaitu mengenai analisa usaha budidaya ikan gurame untuk peternak pemula atau pelaku bisnis budidaya ikan yang baru memulai bisnisnya.

Penasaran bagaimana cara analisa usaha budidaya ikan gurame? Berikut paparan selengkapnya!

Cara Analisa Usaha Budidaya Ikan Gurame

analisa usaha budidaya gurame rumahan di lahan sempit kolam terpal

1. Analisa Usaha Budidaya Gurame Terkait Kebutuhan Modal

Aspek pertama yang sangat penting untuk di analisa adalah kebutuhan modal. Kebutuhan modal ini meliputi modal finansial dan modal aset. Untuk kebutuhan modal finansial, Anda akan membutuhkan dana untuk membeli bibit ikan, membeli pakan, membangun kolam budidaya dan biaya operasional.

Cukup banyak jika disebutkan satu persatu memang, namun Anda tidak perlu khawatir karena ternak gurame dapat dilakukan dengan skala kecil terlebih dahulu.

Ternak gurame rumahan dapat dilakukan dengan luasan lahan yang terbatas. Ternak gurame di lahan sempit bisa dilakukan bahkan pada pekarangan rumah saja.

Untuk analisa modal finansial yang ditujukan untuk pembangunan kolam pun dapat ditekan hingga biaya minimum karena pembesaran ikan gurame di kolam terpal dapat dilakukan.

Membuat kolam dengan bahan dasar terpal tentu lebih murah dibanding dengan pembuatan kolam konvensional.

2. Analisa Usaha Budidaya Gurame Terkait Untung Dan Rugi Budidaya Ikan Gurame

Aspek kedua yang penting untuk di analisa adalah perihal untung-rugi. Analisa terkait aspek ini penting dilakukan untuk mempersiapkan para pelaku bisnis, terutama bagi para pemula guna menerima kemungkinan terbiak dan terburuk sekaligus.

Karena sejatinya, tidak ada bisnis dengan analisis risiko nol persen. Setidaknya risiko pasti ada, akan tetapi kegigihan menjadi penolong Anda saat Anda menghadapi risiko tersebut. Jika berbicara mengenai untung-rugi maka bolehlah kita membicarakan omset budidaya ikan gurame.

Berbicara mengenai omset tentu kita berbicara mengenai angka pasti. Sebagai gambaran, analisa usaha budidaya gurame jenis Soang. Jenis ini memiliki harga jual sekitar Rp.45.000,- hingga Rp.60.000,- per kilo. Gurame Soang memiliki bobot sekitar 800gr. Satu Gurame Soang indukan bisa bertelur sekitar 3000 hingga 5000 butir sekali bertelur. Terbayang berapa jumlah keuntungan untuk satu kali panen saja?.

Dua aspek wajib terkait  analisa usaha budidaya gurame di atas sekiranya sudah mewakili pengetahuan dasar yang dibutuhkan sebagai awalan pengembangan usaha.

Apabila Anda ingin usaha Anda nantinya terus berkembang, Anda bisa memproyeksikan analisa terkait dua hal tersebut ke dalam bisnis plan budidaya ikan gurame yang lebih kompleks dan matang. Anda juga direkomendasikan untuk membaca artikel tentang Potensi Budidaya Gurame untuk Peternak Pemula.

Bisnis plan tersebut dapat berfungsi sebagai peta arah bisnis Anda dijalankan, target apa saja yang ingin dicapai, dan langkah-langkah meraih target tersebut sehingga setiap progres terkecil yang telah Anda lakoni dapat tercatat sebagai bahan evaluasi untuk perkembangan menuju bisnis yang lebih baik.

Itulah kiranya paparan singkat mengenai analisa usaha budidaya gurame yang perlu dipelajari oleh pemula. Analisa tersebut penting kiranya dilakukan sebagai acuan pengambilan keputusan dan tindakan yang mampu meminimalisir risiko.

Jangan Lupa di Share ya!

Bantu kami menjadi lebih baik lagi.. silahkan beri rating:

Tinggalkan Balasan

Close Menu