Ini Dia Potensi Budidaya Gurame untuk Peternak Pemula!<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-159" >			<span class="no-rating-results-text">Belum ada Penilaian</span>		</span>

Ini Dia Potensi Budidaya Gurame untuk Peternak Pemula!

Langkah-langkah Belajar Budidaya Gurame untuk Peternak Pemula

Budidaya Gurame – Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah entrepreneur atau wirausaha. Dewasa ini profesi sebagai wirausahawan agaknya tidak lagi asing terdengar di telinga. Banyak orang beralih profesi dari sektor pekerjaan formal menjadi wirausaha atau bahkan menekuni keduanya.

Selain karena gaji yang jauh berkali-kali lipat setelah sukses, waktu yang fleksibel pun menjadi salah satu pertimbangan mengapa orang-orang memilih menekuni profesi wirausaha.

Apabila ditelisik lebih dalam, banyak sekali potensi sekeliling  kita yang bisa dijadikan sebagai lahan penghasilan berwirausaha. Salah satunya adalah budidaya ikan gurame.

Gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang populer untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, membudidayakan ikan tawar ini cukup menguntungkan karena permintaan yang selalu ada.

Namun, tahukah Anda, jika budidaya ikan gurame tidak begitu sulit? Anda bisa melakukannya pada lahan yang terbatas.

Ingin tahu informasi selengkapnya? Berikut panduan langkah-langkah mudah dari tim zerbejewelers untuk menjalankan bisnis budidaya ikan gurame bagi peternak pemula.

Langkah-langkah Usaha Budidaya Ikan Gurame

Budidaya Gurame di kolam terpal bulat modern

1. Riset Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli bibit dan memulai bisnis budi daya ikan gurame adalah Anda harus melakukan riset terlebih dahulu.

Hal ini penting dilakukan sebagai bekal dasar pengetahuan mengenai bisnis yang akan Anda tekuni.

Cari tahu secara rinci mengenai apa saja keuntungan budidaya ikan gurame, begitu pun sebaliknya, Anda bisa mencari tahu kira-kira apa saja kelemahan budidaya gurame yang sudah ditemukan oleh para pelaku bisnis sebelum Anda. Hal ini berguna untuk menjaga sudut pandang berpikir agar ambisi bisnis tetap terjaga dengan realita.

Penting untuk diketahui, di dalam menjalankan bisnis, kegagalan adalah hal yang biasa. Melalui kegagalan Anda malah akan lebih banyak belajar untuk menyelesaikan masalah yang muncul, sehingga Anda akan lebih terampil seiring dengan berjalannya waktu.

2. Analisa Kapasitas Modal

Setelah melakukan riset secara mendalam, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan analisa kapasitas modal yang bisa Anda keluarkan untuk menekuni bisnis tersebut.

Modal dalam hal ini termasuk modal finansial dan modal tempat untuk budidaya. Modal finansial bisa Anda alokasikan untuk pembelian bibit, pakan dan biaya operasional. Jika modal Anda terbatas, Anda bisa melakukan budidaya gurame di kolam terpal.

Cukup murah bukan? Tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk pembuatan kolam khusus. Untuk modal tempat budidaya Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk budidaya ikan gurame.

Jika Anda memiliki lahan yang terbatas, Anda bisa menerapkan metode budidaya gurame modern. Yaitu ternak gurame di rumah secara intensif dengan ukuran lahan terbatas.

3. Pelajari Cara Budidaya Gurame Agar Cepat Besar

Setelah melakukan riset keuntungan dan kekurangan budidaya ikan gurame dan melakukan analisa kapasitas modal yang Anda miliki, langkah selanjutnya untuk memulai bisnis budidaya ikan gurame adalah belajar budidaya gurame dengan kiat-kiat khusus agar gurame cepat besar dan lebih cepat panen.

Untuk merealisasikan langkah ketiga ini, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu perihal karakteristik ikan gurame juga karakter pakan yang tepat, sesuai dengan perkembangan ikan gurame yang dibudidayakan, pun kondisi kolam gurame yang penting untuk diperhatikan. Dengan begitu Anda bisa memetakan apa saja hal-hal yang bisa mempercepat perkembangbiakan bibit ikan gurame yang Anda pelihara.

Tiga langkah awal budidaya ikan gurame untuk peternak pemula terpapar sudah. Mulai dari yang pertama yaitu melakukan riset mengenai keuntungan dan kelemahan bisnis beternak gurame, yang kedua melakukan analisa kapasitas modal yang Anda miliki, dan yang terakhir mempelajari cara budidaya ikan gurame agar cepat berkembang biak sehingga mempercepat interval panen dan lebih cepat panen.

Agaknya ketiga langkah tersebut cukup mudah untuk dipraktikkan, Jika Anda tertarik untuk berkecimpung di dunia bisnis melalui budidaya gurame, agaknya tiga langkah yang telah tersebut pada penjelasan di atas akan membantu Anda untuk melangkah.

Namun, perlu Anda ingat bahwa semua bisnis akan berhasil ketika dibubuhkan ketekunan dari pelaku bisnisnya. Kegagalan adalah hal biasa, yang terpenting adalah kegigihan untuk terus mencoba dan menghadapi problematika.

Begitulah kiranya informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Jangan Lupa di Share ya!

Bantu kami menjadi lebih baik lagi.. silahkan beri rating:

Tinggalkan Balasan

Close Menu