Jenis Ikan Lele yang Harus Kamu Tahu!

Jenis Ikan Lele yang Harus Kamu Tahu! – Kamu adalah peternak lele yang perlu memahami berbagai jenis lele. Apakah itu lele sangkuriang atau pun lele biasa. Setidaknya jenis lele yang perlu kamu ketahui ialah sebagai berikut:

1. Ikan Lele Dumbo

lele-dumbo

Lele dumbo atau Clarias Gariepenus merupakan ikan lele yang berasal dari Taiwan yang dikembangbiakkan di Indonesia tahun 1985-1986. Lele Dumbo merupakan hasil persilangan dari lele lokal Negara Afrika (Clarias Mosambicus) dan lele lokal asal Taiwan (Clarias Fuscus).

Ukuran lele dumbo lebih besar 2 kali lipat jika dibandingkan dengan lele lokal. Ukuran lele dumbo tentunya lebih pendek serta tumpul, pada bagian sungutnya tentunya relatif panjang dibandingkan dengan jenis lele lokal.

2. Ikan lele lokal

lele-lokal

Ikan lele lokal atau Clarias Batrachus merupakan jenis lele banyak dibudidayakan di area Jawa. Banyak peternak yang meninggalkan budidaya jenis lele lokal karena keuntungannya cukup sedikit.

Tiga jenis lele lokal di Indonesia seperti lele putih, lele hitam, dan ikan lele belang putih-merah. Lele hitam merupakan jenis ikan lele paling banyak dibudidayakan di Indonesia untuk dikonsumsi. Ikan lele putih dan merah banyak dipakai sebagai ikan hias.

3. Ikan Lele Phyton

lele phyton

Ikan lele phyton merupakan ikan lele yang banyak diternak di daerah Kabupaten Pandeglang, Banten sejak 2004. Ikan lele phyton ialah turunan dari persilangan induk betina asli dari Thailand dengan induk jantan lele lokal dan ikan lele dumbo F6. Ikan lele phyton sangat kuat dalam kondisi cuaca dingin sekalipun.

Ikan lele phyton merupakan jawaban dari keluhan masyarakat Desa Banyumundu, Kabupaten Pandeglang yang selalu rugi saat berbudidaya lele dumbo karena cuacanya sekitar 170 C. kini masyarakat setempat menggunakan bibit lele phyton yang sudah dinaungi Dinas Perikanan Budidaya Provinsi Banten untuk melakukan pembibitan ini.

4. Ikan Lele Sangkuriang

lele sangkuriang

Ikan lele sangkuriang merupakan ikan lele berkembang biak dari hasil silang antara ikan lele dumbo jantan F6 dengan induk betina F2. Hasil dari perkawinan silang ikan lele sangkuriang menghasilkan ikan lele dengan kualitas unggul sehingga rasa dagingnya lebih gurih.

Ikan lele sangkuriang memang sekilas tampak seperti ikan lele dumbo. Ikan lele sangkuriang memang jika diamati mulutnya lebih monyong. Ukuran ikan lele dumbo biasanya lebih besar dari jenis ikan lele yang lain.

5. Ikan Lele Mutiara

lele-mutiara

Ikan lele mutiara merupakan ikan lele hasil persilangan ikan lele dumbo, ikan lele Mesir, dan ikan lele phyton. Ikan lele mutiara memiliki keunggulan seperti pertumbuhan ikan lele yang per periode 2 bulan biasanya lele yang dipanen sebanyak mungkin sekitar 6 hingga 9 per Kg.

6. Ikan Lele Limbat

lele limbat

Ikan lele limbat memiliki tanda di bagian lendirnya sehingga kesaksian Asia Tenggara sangat jarang digunakan untuk konsumsi, sebagian besar ikan lele limbat siap dengan niatnnya.

7. Ikan Lele Broadhead

lele broadhead

Ikan lele Broadhead merupakan ikan lele asli yang berasal dari Asia Tenggara sehingga banyak dihantam oleh para pebisnis yang lain.

Updated: April 18, 2018 — 4:29 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Usaha Budidaya Ikan Air Tawar © 2018 Frontier Theme
%d bloggers like this: