Cara Memberi Pakan Gurame Agar Usaha Budidaya Gurame Menguntungkan<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-192" >			<span class="no-rating-results-text">Belum ada Penilaian</span>		</span>

Cara Memberi Pakan Gurame Agar Usaha Budidaya Gurame Menguntungkan

Kiat-kiat Memberi Pakan Gurame Agar Cepat Besar

Jika Anda sedang atau akan melakoni bisnis budidaya ikan gurame, tentu Anda ingin supaya ikan gurame yang Anda budidayakan cepat besar dan bertelur lebih banyak atau lebih cepat panen. Untuk mencapai hal tersebut, kebutuhan pakan menjadi salah satu aspek krusial yang harus diperhatikan. Pakan ikan gurame memang beragam jenisnya, tentu butuh pengetahuan yang cukup untuk melakukan penjadwalan dan pengaturan nutrisi agar tepat dan seimbang.

Sehingga gurame yang Anda budidayakan sehat dan berkualitas baik. Bisa dibilang, penentuan jenis pakan dan waktu pemberian menjadi faktor penentu kualitas gurame yang akan Anda dapatkan nanti ketika panen.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda simak artikel ini hingga usai untuk memperoleh informasi mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk perhitungan pakan gurame agar lebih cepat besar dan menguntungkan.

Langakh-langkah Memberi Pakan Ikan Gurame

harga pakan gurame dari daun sente dan kangkung

1. Pelajari Kebutuhan Asupan Dan Jenis-jenis Pakan

Langkah awal sebelum memilih jenis pakan yang tepat untuk membesarkan gurame Anda adalah menggali informasi mengenai jenis-jenis asupan yang dibutuhkan untuk seekor gurame agar tumbuh lebih besar dan lebih cepat panen.

Pertama, Anda harus mengetahui bahwa ikan gurame merupakan hewan pemakan segala atau omnivora, namun dalam hidupnya ikan gurame cenderung menyukai makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Namun perlu diingat bahwa ada perbedaan jenis pakan ikan gurame kecil dan besar. Sehingga Anda perlu melakukan analisa kebutuhan pakan ikan gurame supaya cepat besar sesuai dengan waktu pertumbuhannya.

Untuk ikan gurame yang masih kecil, berumur beberapa hari Anda bisa memberikan jenis pakan berupa larva, krustacea dan zooplankton. Pada waktu ini, ikan gurame membutuhkan kandungan protein pakan gurame lebih banyak daripada biasanya untuk memperkuat organ.

Sedangkan untuk gurame yang berumur beberapa bulan, Anda bisa mulai memberikan makanan berupa tumbuh-tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Jika Anda seorang pembudidaya ikan, tentunya anda sangat direkomendasikan untuk berbudidaya ikan gurame, setidaknya anda membaca artikel tentang Langkah-langkah budidaya ikan gurame.

2. Cermati Biaya Kebutuhan Pakan Gurame

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan setelah mempelajari kebutuhan asupan dan jenis-jenis pakan adalah memperkirakan kebutuhan pakan gurame per 1000 ekor. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menganalisa kemudian memilah jenis pakan sesuai dengan kemampuan modal yang Anda miliki.

Sehingga Anda dapat memilih harga pakan gurame sesuai dengan jenis pakan yang dibutuhkan. Jika Anda memiliki budget yang minimal untuk pemberian pakan. Anda bisa memakai alternatif pakan ikan gurame yang mudah ditemui di sekeliling Anda.

Contohnya, daun sente pakan gurame yang murah dan mudah didapatkan namun memiliki kandungan gizi yang tinggi. Untuk variasi pakan lain, Anda bisa menggunakan daun kangkung untuk pakan ikan gurame selain daun sente.

Kedua alternatif tersebut dapat diberikan sebagai makanan ikan gurame yang sudah sedikit besar. Pada dasarnya, pemberian pakan ikan gurame ketika Anda budidaya tidaklah sulit karena ketika makanan di permukaan habis, ikan gurame bisa memakan bahan-bahan organik yang ditemui di dasar kolam untuk sementara waktu. Jadi Anda tak perlu panik ketika memberikan makanan untuk ikan budidaya air tawar satu ini.

Begitulah kiranya dua hal terkait pakan ikan gurame yang bisa dijadikan panduan untuk mendapatkan pakan ikan gurame berkualitas agar budidaya gurame lebih cepat besar dan lekas panen.

Dua hal tersebut perlu Anda lakukan untuk mengoptimalisasi modal pakan gurame yang Anda keluarkan agar lebih efisien dan tepat guna. Bila dilihat dari kebutuhan pakan, tentu terbesit pikiran bahwa budidaya gurame cukup mudah dilakukan. Betul memang, tapi untuk melkoni bisnis apapun tentu dibutuhkan ketekunan dan ketelatenan agar berbuah hasil yang manis.

Jangan Lupa di Share ya!

Bantu kami menjadi lebih baik lagi.. silahkan beri rating:

Tinggalkan Balasan

Close Menu