Inilah Jenis pakan lele yang Cocok untuk Budidaya Ikan Lele<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-131" >			<span class="no-rating-results-text">Belum ada Penilaian</span>		</span>

Inilah Jenis pakan lele yang Cocok untuk Budidaya Ikan Lele

Daftar Jenis pakan lele untuk Ternak Lele

Ternak lele merupakan salah satu alternatif bisnis yang menguntungkan yang bisa Anda pilih. Pasalnya, tidak hanya daya permintaannya yang banyak tetapi juga biaya ternak yang lumayan murah. Selain itu, budidaya ikan lele juga tergolong mudah. Pasalnya, ada banyak pakan lele yang dapat Anda dapatkan di sekitar Anda.

Sebelum anda membaca artikel ini, anda juga bisa membaca artikel tentang Kelebihan budidaya lele dengan sistem bioflok.

Lalu, kira-kira apa saja pakan-pakan ikan lele? Berikut ulasannya:

Ini Jenis Pakan Ikan Lele untuk Budidaya

Pakan organik alternatif ikan lele

1. Jenis Pakan Alami

Pakan alami lele yaitu makanan lele sesuai habitat asal lele yang biasanya berupa mikroorganisme yang tinggal di air, baik berupa plankton maupun cacing, dan lainnya.

Namun, saat ini mikroorganisme tersebut bisa ditumbuhkan di kolam buatan dengan metode bioflok.

Sementara plankton sendiri terdiri dari plankton nabati dan plankton hewani. Jenis makanan yang berupa pakan alami ini sangat cocok terutama bagi benih ikan lele yang masih berusia kurang dari satu minggu.

2. Jenis Pakan Buatan

Jenis pakan buatan lele biasanya berasal dari olahan pabrik maupun buatan manusia. Pakan tersebut biasanya berupa pelet. Pemberian pakan berupa pelet ini sangat cocok untuk benih lele yang sudah agak besar.

3. Jenis Pakan yang Berasal dari Tumbuhan

Tidak hanya pakan alami yang berasal dari plankton dan pakan buatan berupa pelet, ternyata tumbuhan juga dapat dijadikan sebagai makanan lele.

Selain kangkung, pakan lele alternatif dari tumbuhan lainnya diantaranya yaitu tumbuhan paku juga sangat cocok dijadikan makanan lele

Alternatif Lain untuk Pakan Ikan Lele

Selain plankton, pelet, dan pakan dari tumbuhan seperti singkong dan tumbuhan paku, ada beberapa pakan yang juga bisa Anda jadikan alternatif pilihan sebagai makanan lele. Diantaranya yaitu:

4. Pakan dari Dedak

Cara membuat pakan lele dari dedak ini sangat mudah Anda cukup menyiapkan bahan-bahan berupa pelet sebanyak dedak sebanyak 5 kilogram, pelet 2,5 kilogram, ikan asin seperempat kilogram, garam  5 sendok makan dan minyak goreng secukupnya.

Cara membuat pakan lele dari dedak padi selanjutnya yaitu campur semua bahan ke dalam tempat atau ember besar. Kemudian aduk semua bahan dan tambahkan air secukupnya hingga membentuk adonan.

Apabila adonan telah dibuat kemudian kukuslah sekitar satu jam lamanya. Setelah adonan jadi maka adonan siap diberikan ke ikan lele.

5. Pakan dari Daun Singkong

Daun singkong juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai pakan ikan lele. Pasalnya, daun singkong ini mengandung gizi yang lengkap seperti protein, serat, energi untuk metabolisme, dan asam amino. Pakan daun singkong ini sebaiknya diberikan tiga kali dalam seminggu.

Sementara cara membuat pakan lele dari singkong yaitu siapkan daun singkong, pelet, dan air panas. Selanjutnya iris kecil-kecil daun singkong. Kemudian masukan ke dalam wadah dan campur dengan pelet dan air panas.

Selanjutnya tunggu sampai daun layu dan dingin. Setelah itu bahan siap dijadikan pakan ikan.

6. Pakan dari Ampas Tahu

Selain dedak dan singkong, Anda juga bisa menggunakan ampas tahu sebagai pakan ikan lele organik.

Cara membuat pakan lele dari ampas tahu juga cukup mudah. Anda hanya perlu mencampur semua bahan berupa ampas tahu, dedak halus, tepung ikan, molases, probiotik, dan sedikit ragi tempe. Selanjutnya campur semua bahan hingga menjadi olahan makanan untuk ikan lele.

Nah, itulah beberapa jenis pakan lele mulai dari yang alami hingga pakan buatan manusia yang bisa dibuat dari dedak, daun singkong, hingga ampas tahu dan lainnya.

Jangan Lupa di Share ya!

Bantu kami menjadi lebih baik lagi.. silahkan beri rating:

Tinggalkan Balasan

Close Menu