Persiapan Lahan dan Kolam untuk Budidaya Ikan Lele kolam terpal

Persiapan Lahan dan Kolam untuk Budidaya Ikan Lele
kolam terpal

Beberapa tahapan lahan dan ukuran pembuatan kolam ialah sebagai berikut:

1. Persiapkan Tanah atau Lahan

Setidaknya kosongkan lahan atau tanah sepanjang 2 x 5m, kemudian keruk atau gali tanah hingga dalamnya 50 cm. Terpal bisa menahan beban air, dengan cara membersihkan tanah dengan meratakannya, kemudian pada area kolam dibuat cerukan kecil memanjang.

2. Pembuatan Rangka Bambu

Lahan yang sudah siap untuk pembuatan bamboo bisa dibuat rangka setinggi 1m dengan pola pagar. Sebaiknya ukuran rangka dibuat sepangjang 5 x 2 x 1,5m (P x L x T, kemudian pasang terpal. Persiapkan Terpal untuk pembuatan di lahan sempit.

Ambil terpal yang ukurannya 5 x 8m, lalu bersihkan dengan air dan gosok dengan lap secara berulang kali agar zat kimia yang menempal di terpal terbuang, tapi jangan gunakan sabun. Pasang terpal sesuai rangka bambu secara hati-hati agar tidak bocor, kemudian isi saja dengan air.

3. Pemupukan Kolam

Pastikan kondisi air ideal untuk media hidup lele, dengan melakukan pemupukan air dengan PH yang sesuai untuk kebutuhan lele. Caranya ialah memakai kotoran kambing dan herbal. Larutan diaduk dan biarkan selama 8 hari.

Kolam terpal bisa digunakan untuk pengembangan lele secara biasa atau pun sistem bioflok. Sistem ini justru menggunakan cara tanpa pakan.

Updated: April 18, 2018 — 4:33 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Usaha Budidaya Ikan Air Tawar © 2018 Frontier Theme
%d bloggers like this: