Tak Perlu Modal Besar, Usaha Budidaya Gurame Menguntungkan!

Tak Perlu Modal Besar, Usaha Budidaya Gurame Menguntungkan!

Belum ada Penilaian

Usaha Budidaya Gurame, Bisnis Modal Minimum dengan Keuntungan Maksimum!

Beternak ikan menjadi salah satu upaya bisnis yang baik untuk ditekuni. Terutama ternak ikan air tawar. Salah satunya adalah usaha budidaya gurame.

Selain karena perawatannya yang lebih ringkas dibandingkan dengan tambak air laut, Kolam ikan air tawar pun bisa dibangun dengan lahan yang terbatas atau kecil.

Budidaya gurame misalnya, tidak membutuhkan lahan yang luas, bahkan untuk membangun kolamnya pun dapat dilakukan dengan modal minimum.

Namun, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya jika Anda melakukan analisa usaha ikan gurame terlebih dahulu.

Analisa tersebut bisa dilakukan untuk menimbang keuntungan dan kelemahan budidaya gurame yang akan dipilih sebagai model usaha.

Saat ingin melakoni sebuah usaha, agaknya paparan keuntungan bisnis menjadi faktor yang paling menggiurkan dan memotivasi untuk segera memulai. Namun perlu dipahami bahwa setiap bisnis pasti memiliki kelemahan, termasuk budidaya gurame.

Akan tetapi, keyakinan dan keteguhan hati yang akan membantu Anda melampaui rintangan-rintangan tersebut.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan budidaya gurame, berikut beberapa pertimbangan mengapa budidaya gurame patut dicoba

Ini Alasan Kenapa Anda Harus Usaha Budidaya Gurame

Analisa Usaha Pembesaran Ikan Gurame di kolam terpal

1. Tidak Membutuhkan Modal Yang Besar

Untuk poin satu ini, hendaknya Anda pun sepakat, seperti yang telah disampaikan di bagian awal pembukaan artikel ini, budidaya ikan air tawar seperti gurame agaknya membutuhkan modal yang lebih minim dibanding dengan budidaya ikan laut. Terutama bagi Anda yang bermukim di daerah yang jauh dari pesisir laut.

Ternak gurame di lahan sempit pun mungkin untuk dilakukan, bahkan di sekitar pekarangan rumah. Untuk biaya pembuatan kolam pun Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena Anda bisa melakukan pembesaran ikan gurame di kolam terpal.

Cukup mudah dan murah, bukan? Merujuk kepada beberapa aspek komparatif tersebut, pernyataan terkait minimnya modal untuk usaha budidaya gurame adalah benar adanya.

2. Kebutuhan Ikan Konsumsi Akan Selalu Ada

Aspek kedua yang dapat menjadi pertimbangan mengapa budidaya gurame konsumsi ini cukup menjanjikan adalah kebutuhan ikan konsumsi seperti gurame akan selalu ada.

Terlebih karena masyarakat kita menganut prinsip sempat sehat lima sempurna, di mana bahan makanan berupa ikan masuk ke dalam sumber protein yang sangat dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, kebutuhan untuk mengonsumsi ikan dapat dipastikan akan terus ada.

Secara kultural pun budaya Indonesia sebagai negara kepulauan sangat mendukung kebiasaan untuk mengonsumsi ikan, baik air tawar, payau maupun ikan laut.

Terbukti dari kekayaan kuliner yang kita miliki, banyak sekali resep olahan ikan yang diwariskan secara turun-menurun. Hal ini menandakan konsumsi ikan sudah menjadi bagian dari rutinitas masyarakat Indonesia.

3. Masa Panen Cepat Dan Berlimpah

Gurame pada umumnya, dapat dipanen dengan interval waktu panen kurang lebih selama sembilan bulan hingga satu tahun bergantung kepada jenis gurame yang dikembangbiakkan dalam usaha budidaya gurame.

Untuk waktu panen tercepat yaitu Sembilan bulan, Anda bisa membudidayakan jenis Gurame Soang. Gurame Soang merupakan jenis Gurame yang cukup populer dan banyak dicari. Membudidayakan ikan gurame jenis Soang cukup menguntungkan, selain lebih cepat besar, jenis ikan satu ini mampu menelurkan sel telur lebih banyak dibandingkan dengan tipe gurame lainnya. Gurame Soang mampu bertelur kurang lebih 5000 hingga 6000 butir sekali waktu.

Apabila Anda memang ingin belajar budidaya gurame, anda bisa baca artikel sebelumnya tentang Ini Dia Potensi Budidaya Gurame untuk Peternak Pemula!.

Begitulah kiranya tiga penjelasan yang mendasar terkait pertimbangan tiga keuntungan mengapa usaha budidaya gurame tidak membutuhkan modal yang besar namun bisa mendatangkan keuntungan yang berlimpah.  Tertarik untuk mencoba usaha budidaya gurame sekarang juga?

Jangan Lupa di Share ya!

Bantu kami menjadi lebih baik lagi.. silahkan beri rating:

Tinggalkan Balasan

Close Menu